Wednesday, June 12, 2013

INSTALASI DAN KONFIRGURASI CACTI DI UBUNTU 12.04 LTS


      Cacti adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data/informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan Cacti, diperlukan software pendukung seperti MySQL, PHP, RRDTool, net-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS
         Cacti adalah salah satu aplikasi open source yang merupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik. Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server dan Cacti
juga merupakan frontend dari RRDTool yang menyimpan informasi kedalam database !MySQL dan membuat graph berdasarkan informasi tersebut. Proses pengambilan data (lewat SNMP maupun skrip) sampai kepada pembuatan gambar (graph) dilakukan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
Paket-paket yang di butuhkan sebelum menginstal cacti:
1. php-snmp
2. rrdtool
3. net-snmp & net-snmp-utils
4. httpd
5. php
6. php-mysql
7. mysql
8. mysql-server

Langkah-langkah Konfigurasi CACTI sebagai berikut :

1. Masuk ke Terminal
    Dengan perintah : sudo su
2. Masukkan Password
3. Lakukan Instalasi CACTI
    Dengan perintah : # apt-get install cacti
4. Setelah di Instalasi, akan muncul pemilihan webserver, pilih Apache2
    kemudian OK.
5. Selanjutnya, akan muncul tampilan Configure CACTI. Pilih <Yes>
6. Kemudian masukkan Password untuk database administrator.
  7. Kemudian masukkan Password untuk MySQL nya.

8. Masukkan kembali Password yang sama pada saat muncul
        "Password Confim".
9. Setelah itu, lakukan instalasi lagi di Browser
         Dengan perintah : localhost/cacti/install
10. Pilih Next, dan Finish. Instalasi CACTI selesai, 

     
11. Setelah selesai, selanjutnya, timbul tampilan User Login
      Silakan masukkan Password dan User name yang sesuai.
12.Setelah memasukkan Password dan Username yang sesuai akan memunculkan tampilan seperti berikut.


13. Klik menu device dan kemudian klik add (sebelah kanan atas
     
14. Isi menu form pada tampilan dibawah berikut.
15. Maka akan muncul tampilan dibawah berikut :

16. Pada bagian “associated data query” pilih “add data query=SNMP- Interface Statistic” dengan   “index-method=Uptime Goes Backward” lalu klik add
     
17.  Untuk memastikan SNMP nya jalan di device tersebut, klik “verbose query” pada bagian “associated data query” di SNMP-Interface Statistic. Seperti tampilan dibawah ini :
18. Jika tidak ada error di SNMPnya(lihat bagian paling atas) klik save.
      
19. Pada menu device klik device yang sudah kita buat yaitu gateway, selanjutnya klik “create graphs for this host. Seperti tampilan dibawah ini :
20. Pada bagian data query [SNMP-Interface statistic] centang bagian interface dari device gateway yang mau ditampilkan grafik trafiknya. Pada bagian select graph type, pilih “In/Out Bits with total bandwidth” atau pilih sesuai selera. Dan klik create.
      
21. Selanjutnya untuk menampilkan di graph tree, pada bagian graph management pilih host:gateway yaitu device yang sudah dibuat sebelumya.
      
22.  Centang semua graph yang muncul dan di bagian action pilih “Place on a Tree” klik go.Tampilan Seperti dibawah ini :
23. Selanjutnya akan timbul tampilan Place on a Tree (Default Tree).
24.  Tampilkkan di graph akan muncul device gateway, awalnya memang grafiknya tidak muncul karena perlu waktu untuk query data ke device gateway. Setelah beberapa menit akan muncul trafik data untuk tiap interface yang sudah kita centang sebelumya. 

Output default tree :
Pada gambar output diatas,hanya grafik pemakaian internet dikampus Politeknik Caltex Riau. Gambar grafik diatas menunjukkan pemakaian yang sedang berlangsung dikampus PCR. Namun, pada grafik tersebut hasil yang yang ditampilkan tidak terlalu baik. Hal Ini disebabkan dalam pengambilan data memerlukan waktu agar gambar grap tampil dengan baik ketika kita menggunaan internet yang berlokasi dikampus PCR.
Sebenaryna ada beberapa output yang bisa ditampilkan, salah satunya seperti gambar output dibawah ini :
 Pada gambar Output diatas, hasil Grapik sudah mulai nampak .ini di karenakan kita sudah menggunakan Internet PCR dengan membutuhkan rentan waktu yang cukup laama.
Monitoring ini berfungsi agar kita dapat mengetahui Trafik yang sedang berlangsung pada komputer User ke jaringan internet PCR.






No comments:

Post a Comment