Wednesday, June 26, 2013

Fitur-Fitur Pada Nagios 3


           Disini saya akan menjelaskan fitur yang ada pada nagios. Ketika proses konfigurasi telah selesai, login sebagai adminnya dimana user name yang saya gunakan yaitu nagiosadmin Pada bagian kiri halaman utama Nagios, terdapat beberapa menu. Berikut di antaranya :




1. Map Ketika memilih menu "map", maka akan ditampilkan halaman seperti di bawah ini. 



Dari gambar diatas dapat kita lihat host-host mana saja yang dimonitoring oleh nagios admin.Dimana nagios admin terhubung atas host-host tersebut.Warna hijau menunjukkan host yang sedang dimonitoring tersebut dalam keadaan aktif (UP). Untuk melihat detail dari salah satu host, klik dua kali (double-click) pada host tersebut.

2. Host
Setelah kita pilih host mana yang ingin kita lihat secara mendetail maka akan terlihat spesifikasi dalam gambar dibawah berikut.nagiosadmin dapat melihat ada berapa host yang sedang dimonitoring, status masing-masing host, kapan terakhir kali pengecekan, durasi pengecekan, dan status information.




Pada settingan ini nagiosadmin menambahkan ping server pada konfigurasi service.Ketika terjadi hubungan maka nagios admin akan mengirimkan ping dan akan mendapat balasan jika host yang terhubung dalam keadaan aktif

3. Service
Jika kita ingin melihat masing-masing service yang dimonitoring, dapat di pilih menu service. Kemudian akan ditampilkan Service Status detail. Dari halaman ini, terlihat service apa saja yang dimonitoring pada semua host, sesuai dengan konfigurasi yang dilakukan. Pada bagian status, dapat terlihat status dari masing-masing service, yaitu apakah service tersebut berstatus OK, Unknown, atau Critical.



4. Host Groups
Ketika kita lakukan pilihan pada Host grup maka akan gambar tulisan seperti dibawah ini.dapat di lihat host yang sedang di monitoring, status masing-masing host, status dari service yang di monitoring, dan action yang dilakukan pada tiap host.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini, Jika ada yang kurang saya mohon maaf, dan jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi penulis secara langsung,atau melalui komentar ini.Dan saya ucapkan terima kasih telah mengikuti blog ini dan memberikan kritik untuk blog ini.


No comments:

Post a Comment